Selasa, 13 November 2007

Mengenal MMS

MMS
Banyak orang sering mengirim dan menggunakan SMS namun jarang orang yang mengirimkan MMS. Ada banyak kemungkinan diantaranya adalah ketidaktahuan tentang MMS itu sendiri. Untuk mengatasi ketidaktahuan tersebut adalah dengan mulai mengenalnya...
Multimedia Messaging Service atau yang lebih sering disebut dengan MMS adalah jasa layanan pesan yang memfasilitasi para pengguna telepon selular untuk melalukan pertukaran pesan multimedia.
MMS dapat dikatakan sebagai bentuk evolusi dari SMS atau Short Messaging Service, karena pada layanan pesan terdapat transmisi jenis media tambahan yang meliputi teks, image, audio, animasi, videoklip atau kombinasi antar media-media tersebut. Jadi selain kita dapat mengirimkan text kita juga dapat megirimkan berbagai multimedia tambahan seperti disebutkan diatas tadi.
Format-format pada MMS meliputi:
  • Text (dengan format fonts, warna, dan lain-lain)
  • Image (format JPEG, PNG, WBMP)
  • Audio (format WAV, AMR)
  • Video (format MPEG)

Penggunaan data tidak boleh lebih dari 30Kbyte dan untuk image menggunakan dimensi kecil sampai dimensi besar tetapi ukurannya masih harus dibawah display 320x208 pixel.

Mekanisme Pengiriman MMS
MMS distandarisasi WAP forum dan 3GPP serta pesan MMS dapat dikirim dan diterima antara person to person dan person to email. Mekanisme pengiriman MMS person to person yaitu pada tahap pertama, pihak originator melakukan send kepada receiver melalui MMSC dengan menggunakan WAP Post, dan pesan tersimpan dalam MMSC. Kemudian pada tahap kedua, MMSC memberitahukan atau memberikan notifikasi kepada receiver melalui SMS dengan WAP Push. Tahap ketiga, setelah receiver menerima notifikasi, untuk mengambil pesan MMS, receiver melakukan inisialisasi hubungan WAP Get untuk mengambil MMS yang ada didalam MMSC. Dan tahap terakhir, setelah semua proses tersebut berjalan maka report via SMS dikirim ke originator.
Struktur Pesan MMS
Struktur pesan MMS sesuai dengan format yang biasa digunakan dalam sistem internet. Pada MMS, setiap pesan terdiri dari bagian message envelope dan message content. Message envelope memiliki field-field yang diperlukan untuk proses penyampaian dan interpretasi isi pesan.. Jika isi pesan terdiri dari non-textual seperti image, audio, dan video dalam pesan multimedia, maka format isi pesan tersebut berupa multipart message berdasarkan Multipurpose Internet Mail Extensions atau MIME.

Tidak ada komentar: