Rabu, 14 November 2007

Pemain Dalam Sistem Informasi

Sistem Informasi
adalah suatu susunan yang terdiri dari orang, data, proses, komunikasi, dan teknologi yang menyediakan informasi untuk mendukung pengambil keputusan dan
pengendalian di dalam organisasi.

Di bawah ini akan dijelaskan pemain dalam sistem informasi yang disebut dengan stakeholder:
Stakeholder adalah setiap orang yang tertarik dalam sistem informasi yang baru maupun yang telah ada.

Untuk sistem informasi, stakeholders diklasifikasikan sbb:

System owners
sponsor dan penyokong utama sistem informasi. Mereka memiliki tanggung jawab untuk membiayaai pengembangan proyek, operasinya, sampai pemeliharaan sistem informasi.

System users
orang yang menangkap, mengvalidasi, memasukkan, merespon, menyimpan, dan melakukan pertukaran data dan informasi. Singkatnya yaitu orang yang menggunkan sistem informasi (client).

Systems analyst
Orang yang mempelajari masalah dan kebutuhan organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses, komunikasi, dan teknologi informasi dapat menyempurnakan peningkatan bisnis.

System designers
Merekalah orang yang merancang file-komputer, database, inputs, outputs, screens, jaringan, dan program yang akan dibutuhkan oleh system user.
Mereka menterjemahkan kebutuhan bisnis pemakai ke solusi.

System builders
Orang yang mengkonstruksi sistem informasi, komponen sistem, berdasarkankan pada spesifikasi desain dari system designers.

External Service Provider
Orang yang menjual pengalamannya kepada pembisnis lain untuk membantu pemasukan dan perkembangan bisnisnya.Biasanya terdiri dari sistem analisis, sistem desain, atau sistem builder.

Project Manager
Orang yang profesional dan berpengalaman yang mau menerima tanggung jawab untuk perencanaan, pengawasan dan mengontrol suatu proyek dengan mematuhi jadwal, anggaran kerja, penyerahan, kepuasan pelangggan, standar teknis dan kualitas sistem.

Tidak ada komentar: