Senin, 19 November 2007

Microsoft Access

APLIKASI DATABASE
Database saat ini diakses, dikelola dan dimanipulasi untuk menghasilkan informasi
yang berguna. Proses manipulasi yang biasanya terjadi adalah pencarian, penyaringan,
sintesis, dan penggabungan data dengan menggunakan aplikasi database. Saat ini akan dibahas salah satu aplikasi database yaitu Microsoft Access.
Microsoft Access
Adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional ( RDBMS / Relational Database Management System ) yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Microsoft Access merupakan anggota dari Microsoft Office. Micosoft Access menggunakan basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis sehingga memudahkan pengguna.
Para pengguna yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara yang kurang mahir atau masih belajar dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana.

Penggunaan Microsoft Access
Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh kalangan pembisnis kecil dan menengah. Selain itu Microsoft Access juga digunakan oleh para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data.
Microsoft Access juga dapat digunakan sebagai basis data untuk aplikasi web.

Berikut bebrapa kelebihan dan kelemahan menggunakan Microsoft Access:
Kelebihan
Beberapa pengembang aplikasi professional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat atau yang sering disebut dengan Rapid Application Development / RAD Tool khususnya untuk pembuatan program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.
Dilihat dari segi perspektif programmer keunggulan Microsoft Acces adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language ( SQL ).
Microsoft Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua table basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya. Misalnya untuk membuat query, Microsoft menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa SQL nya.
Bahasa Pemrograman yang digunakan di dalam Microsoft Access adalah Microsoft Visual Basic for Applications ( VBA ) seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office lainnya.

Kelemahan
Karena kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan maka bayak pengguna Microsoft Access menggunakan solusi system manajemen basis data yang bersifat klien / server.

1 komentar:

NATANIEL mengatakan...

tidak jelas kelebihannya